Jumat, 10 Februari 2012

Penyakit Endemi di Indonesia


Penyakit Endemik Di Indonesia
Endemi
Suatu gejala infeksi atau tertular dikatakan sebagai endemik (dari bahasa Yunani en- di dalam + demos rakyat) pada Suatu gejala populasi jika infeksi atau tertular tersebut berlangsung di dalam populasi tersebut tanpa adanya pengaruh dari luar.
Suatu gejala infeksi atau tertular penyakit dikatakan sebagai endemik bila setiap penderita dari manusia yang terinfeksi atau tertular penyakit tersebut menularkannya kepada tepat satu penderita dari manusia lain (secara rata-rata). Bila infeksi atau tertular tersebut tidak lenyap dan jumlah penderita dari manusia yang terinfeksi atau tertular tidak bertambah secara eksponensial, Suatu gejala infeksi atau tertular dikatakan berada dalam keadaan tunak endemik (endemic steady state). Suatu gejala infeksi atau tertular yang dimulai sebagai Suatu gejala epidemi pada akhirnya akan lenyap atau mencapai keadaan tunak endemik, bergantung pada sejumlah faktor, termasuk virulensi dan cara penularan penyakit bersangkutan.

Dalam bahasa percakapan, penyakit endemik sering diartikan sebagai Suatu gejala penyakit yang ditemukan pada daerah tertentu. Sebagai contoh, AIDS sering dikatakan "endemik" di Afrika walaupun kasus AIDS di Afrika masih terus meningkat (sehingga tidak dalam keadaan tunak endemik). Lebih tepat untuk menyebut kasus AIDS di Afrika sebagai Suatu gejala epidemi.


Artikel ini terkait dengan kata kunci : penyakit di indonesia, penyakit menular di indonesia, penyakit jantung di indonesia, penyakit mematikan di indonesia, penyakit endemik di indonesia, penyakit terbanyak di indonesia, penyakit jantung koroner di indonesia.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar